Lembaga-lembaga desa yang sudah dibentuk di Desa Ringinpitu adalah sebagai berikut :

  1. Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang berfungsi sebagai mitra Pemerintah Desa dalam hal membuat peraturan-peraturan dan atau keputusan-keputusan yang menyangkut kesejahteraan masyarakat, anggaran, dan lain sebagainya serta fungsi pengawasan dalam menjalankan kebijakan-kebijakan yang telah diputuskan tersebut.
  2. Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) berfungsi sebagai lembaga pelaksanan pembangunan dari penggalian gagasan masyarakat sampai dengan pelaksanaan, monitoring dan evaluasi.
  3. Tim Penggerak PKK tingkat Desa (TP – PKK) yang berfungsi sebagai lembaga desa dalam hal pemberdayaan kaum perempuan dan anak-anak.
  4. LINMAS yang berfungsi sebagai lembaga desa dalam hal Keamanan Lingkungan dan Perlindungan Masyarakat.
  5. Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) yang berfungsi membantu Pemerintah Desa dalam hal peningkatan perekonomian masyarakat di sektor pertanian.
  6. Forum Kesehatan Desa (FKD) yang berfungsi membantu Pemerintah Desa di bidang kesehatan masyarakat dan kesehatan lingkungan.
  7. Lembaga Komunikasi Masyarakat (LKM) berfungsi membantu Pemerintah Desa dalam hal penerangan kepada masyarakat tentang keberhasilan prograM–program pembangunan Pemerintah Desa.
  8. Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).