Arah kebijakan Pembangunan Desa tidak terlepas dari Keuangan Desa yang terangkum dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) yang setiap tahunnya Pemerintah Desa bersama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) menetapkan Peraturan Desa tentang APBDesa secara partisipatif dan transparan yang proses penyusunannya dimulai dari lokakarya desa, konsultasi publik dan rapat umum BPD untuk penetapannya.

Pendapatan Desa

Pendapatan Desa debagaimana meliputi semua penerimaan uang melalui rekening desa yang merupakan hak desa dalam 1 (satu) tahun anggaran yang tidak perlu dibayar kembali oleh desa.

Perkiraan pendapatan desa disusun berdasarkan asumsi realisasi pendapatan desa tahun sebelumnya dengan peningkatan berdasarkan potensi yang menjadi sumber pendapatan asli desa, bagian dana perimbangan, bantuan keuangan dari pemerintah, pemerintah propinsi dan pemerintah kabupaten, hibah dan sumbangan pihak ketiga.

Belanja Desa

Belanja Desa sebagaimana dimaksud meliputi semua pengeluaran dari rekening desa yang merupakan kewajiban desa dalam 1 (satu) tahun anggaran yang tidak akan diperoleh pembayarannya kembali oleh desa. Belanja sesuai dengan Permendagri Nomor 37 tahun 2007 terdiri dari Belanja Langsung dan Belanja Tidak Langsung .

Pembiayaan

Pembiayaan desa sebagaimana dimaksud meliputi semua penerimaan yang perlu dibayar kembali dan / atau pengeluaran yang akan diterima kembali, baik pada tahun anggaran yang bersangkutan maupun pada tahun – tahun anggaran berikutnya.

Prioritas kebijakan pembangunan Desa Ringinpitu Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan didasarkan pada berbagai permasalahan yang timbul di masyarakat. Sehingga diharapkan prioritas program Pembangunan yang akan dilaksanakan kedepan benar-benar berjalan efektif untuk menanggulangi permasalahan di masyarakat, terutama upaya meningkatkan keberpihakan pembangunan terhadap kebutuhan hak-hak dasar masyarakat, seperti pendidikan, kesehatan, pendapatan, dan lain-lain.

Dengan demikian arah dan kebijakan pembangunan desa secara langsung dapat berperan aktif dalam menaggulangi dan memberantas kbodohan dan kemiskinan di tingkat desa.