a.Sektor Pertanian

Masyarakat Desa Ringinpitu sebagian besar barmatapencaharian sebagai petani, dan yang lainnya sebagai pedagang ( wiraswasta ), Jasa ( Tukang ), Buruh Tani, Karyawan Swasta, Pensiunan, PNS, TNI dan POLRI.

Tabel : Hasil tanaman pangan, perkebunan dan holtikultura

No

Jenis Tanaman

Areal Tanaman

( Ha )

Areal           Produksi             (Ton )

Produksi Rata-Rata (Ton )

Keterangan

1

Padi

25

20

50

-

2

Jagung Hibrida

135

135

450

-

3

Jagung Kecil

15

15

30

-

4

Cabe

15

15

35

-

5

Kedelai

5

5

15

-

6

Tembakau

30

25

100

-

7

Lainnya

5

5

2

-

Pertanian adalah mata pencaharian utama Warga Desa Ringinpitu, maka kebijakan pembangunan di titik beratkan pada sektor sarana dan prasarana yang mendukung sektor pertanian.

Selain itu juga kami mendukung keberadaan Kelompok Tani yang sudah ada di masyarakat. Managemen kepengurusan Kelompok Tani teleh kami benahi , sehingga sejak Tahun 2008 di Desa Ringinpitu telah lahir Gabungan Kelompok Tani (GAKPOTAN) “ PRINGGODANI “.

Permasalahan yang timbul adalah :

Intern :

Lahan garapan.

Bahwa Warga Desa Ringinpitu dalam bertani masih menggarap lahan hutan Perhutani yang belum ditanami. Sehingga kebijakan dari Perhutani sangat mempengaruhi hasil panen petani.

Extern

Faktor Alam

Bahwa lahan garapan petani sebagian besar adalah hutan yang merupakan lahan tadah hujan. Sehingga iklim sangat besar pengaruhnya terhadap jenis tanaman dan hasil panen pertanian .

Faktor Deregulasi Pemerintah

Deregulasi Pemerintahan dalam hal Pupuk bersubsidi sangat berpengaruh pada hasil produksi petani. Karena petani belum terbiasa dengan tanaman organik, sehingga ketergantungan petani dengan pupuk non organik masih sangat besar .

b. Sektor Peternakan

Sektor peternakan di desa Ringinpitu juga cukup mendapat perhatian masyarakat karena dinilai dapat menambah pendapatan masyarakat. Jenis peternakan yang dikembangkan oleh warga masyarakat adalah :

1. Kambing

2. Ayam Kampung

3. Sapi

Dalam rangka memberdayakan Rumah Tangga Miskin (RTM), sejak tahun 2008 sampai dengan sekarang, Pemerintah Desa Ringinpitu telah bekerja sama dengan PLAN Indonesia unit Grobogan ( salah satu NGO Internasional yang konsen pada peningkatan pendidikan anak dari keluarga miskin) , telah mengupayakan penggemukan ternak kambing untuk keluarga miskin dampingan PLAN.